Seminar Internasional

0

Penyelenggaraan seminar Internasional oleh prodi Perbankan Syariah pada hari rabu tanggal 9 Juni 2021

Jam 08.00-16.00 WIB. Acara ini diselenggarakan dengan dua metode yaitu online (media zoom) dan offline (home theater IAIN Kediri. Acara yang dibuka oleh Rektor IAIN Kediri Dr. H. Nur Chamid, MM mengangkat tema Sharia Banking Consolidation and Intermediation Strategy in Digital Transformation Era for Strengthening the International Level Banking Competitiveness Post Pandemic Covid 19”.

Acara yang dibagi menjadi dua panel ini menghadirkan 2 narasumber online dan 3 narasumber offline. Narasumber pada panel pertama adalah Sutan Emir Hidayat, Ph.D (Director of Islamic Economy Supporting Ecosystem, KNEKS). Bapak Sutan Emir Hidayat, Ph.D mengangkat subtema The Existence of Cryptocurrency from the Government’s Perspektive in Increasing the Economic Stability of the Country. Beliau memberikan penjelasan bagaimana potensi cryptocurrency dan juga terkait dengan bagaimana kesempatan dalam bertumbuh di Indonesia dan bersanding dengan Perbankan.

Pembicara kedua dalam panel pertama adalah Azrul Azlan Iskandar Mirza, Phd.,CPIF. Beliau adalah Senior Lecturer Faculty of Economics & Muamalat, Universiti Sains Islam Malaysia dan Shariah Committee Maybank Islamic. Sub Tema yang diambil adalah Consolidation of the World’s Islamic Banking Sipervisors in Facing the Development of Banking Digitalization Product. Materi yang dibahas adalah terkait dengan tren bisnis perbankan dan juga perkembangan produk digital perbankan.

Selanjutnya pembicara ke-tiga pada panel dalam acara seminar internasional ini adalah Dr. Muhammad Sofwan Jauhari, Lc., M.Ag. (ASPM), beliau merupakan Dosen STIU DIA (Dirosat Islamiyah Al-Hikmah)  Jakarta dan  Anggota  Dewan Syariah Nasional  MUI. Sub Tema yang beliau angkat adalah “Islamic Banking Transformation in Facing Digitalization Product”. Dalam kesempatan ini beliau membicarakan terkait dengan bagaimana perkembangan ekosistem digital, peluang dan juga format digitalisasi.

 

Acara dengan peserta lebih dari 1.500 ini pada panel kedua menghadirkan dua narasumber, dimana narasumber pertama hadir secara online yaitu Dr. Muhammad Iman Sastra Mihajat, Lc.,PDIBF, MSc.Fin Ph.D, beliau adalah Head of sharia al Yusr Islamic Bank Oman Arab Bank. Sub tema yang diambil adalah The Existence of Cryptocurrency in Increasing the Economic Stability of the Country. Pembahasan yang beliau lakukan adalah terkait dengan apakah cryptocurrency mempunyai dampak baik bagi perkembangan ekonomi nasional?

Sedangkan narasumber terakhir yang langsung hadir di gedung home theater IAIN Kediri adalah Prof. Drs. Ec. Abdul Mongid, MA., Ph.D., beliau merupakan Guru Besar UHW Perbanas. Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Bidang Internasional. Sub tema yang diambil adalah Islamic Bank Strategi in the Face Blockchain of Technology. Pembahasan yang beliau paparkan adalah terkait dengan cryptocurrency dan teknologi blockchain.

Acara ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 dengan dihadiri oleh para peserta dari seluruh Indonesia baik mahasiswa, praktisi, dosen maupun umum. Untuk lebih jelasnya terkait dengan pemaparan para narasumber dapat di akses link youtube berikut ini

 

https://www.youtube.com/watch?v=-y0qylpUQKA

 

 

About author

No comments