Ilyas harumkan febi lagi di ajang IPPBMM

0

Investasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) merupakan event kompetisi dua tahunan dalam bidang keilmuan, olahraga, seni, dan riset. Pada Gelaran ditahun 2021, tuan rumah IPPBMM diselenggarakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebenarnya event IPPBMM UIN Yogyakarta ini harusnya digelar pada tahun 2020, namun karena adanya pandemi akhirnya diundur dan baru dilaksanakan pada tahun berikutnya yaitu pada tahun 2021 melalui sistem daring. Event ini merupakan ajang perlombaan bagi seluruh PTKIN Se-JAWARA (Jawa-Madura). Sebagai salah satu PTKI di jawa timur, IAIN Kediri juga ikut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut. Seleksi sudah dilaksanakan sejak 2020, namun peserta yang lolos seleksi untuk kontingen IAIN Kediri harus menunggu kabar keberlanjutan event ini sampai tahun 2021. Dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam atau FEBI IAIN Kediri, terdapat salah mahasiswa yang ikut mewakili IAIN Kediri pada ajang IPPBMM. Dia adalah Ilyas Adhi Purba (21) dari prodi Perbankan Syariah. Menurutnya dia sempat turun semangat kompetisinya, ketika diketahui IPPBMM yg harusnya diselenggarakan pada tahun 2020 ini diundur untuk waktu yg tidak ditentukan. Namun ketika ada kabar gembira bahwa IPPBMM akan dilanjutkan digelar pada tahun 2021, Ilyas kembali bersemangat dan bertekad untuk memberikan yang terbaik untuk IAIN Kediri. Ilyas berhasil lolos seleksi untuk mewakili kontingen IAIN Kediri pada cabang Puitisasi Alquran, setelah melalui seleksi ketat di awal tahun 2020. Pada tanggal 20 April 2021 lalu, diumumkan hasil peserta yang lolos babak penyisihan cabang Puitisasi Alquran.
Ilyas yg mewakili kontingen IAIN Kediri berhasil masuk tahap final pada cabang Puitisasi Alquran kategori putra tersebut. Pada tahap Final ia harus kembali bersaing dengan 9 Finalis lainya, antara lain dari IAIN Jember, IAIN Kediri, IAIN Kudus, IAIN Pekalongan, IAIN Ponorogo, IAIN Purwokerto, IAIN Salatiga, IAIN Cirebon, IAIN Tulungagung, UIN Malang dan UIN Yogyakarta. Jika pada tahap penyisihan hanya mengirimkan naskah puisi dan rancangan konsep penggarapan, pada tahap Final ilyas harus mengirimkan vidio berpuisi pada panitia IPPBMM cabang Puitisasi Alquran. Penjurian tahap final cabang puitisasi Alquran tersebut digelar pada tanggal 23 Juni melalui ZOOM, dimana para dewan juri menilai peserta dari hasil vidio yg telah dikirim kan. Dengan bimbingan Bapak Moh. Zaenal selaku dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, dan juga dibantu Ibu Nilna Fauza selaku dosen FEBI IAIN Kediri, Ilyas berhasil meraih juara harapan 3 untuk cabang Puitisasi Alquran kategori putra. Walau tidak bisa menyumbang medali untuk IAIN Kediri, namun Ilyas sudah cukup puas dengan masuk jajaran 6 besar peserta terbaik di tahap final. Dengan background keteateran yang dimiliki, Ilyas berusaha memberikan penampilan yang berbeda dengan ciri khas dramatisasi puisinya. Adapun hasil dari perlombaan cabang Puitisasi Alquran kategori putra ini adalah sebagai berikut:
Juara 1: Muhamad Yusuf Rangkuti dari UIN Yogyakarta
Juara 2: Fuad Ghozali dari IAIN Pekalongan
Juara 3: Rokhmatullah dari IAIN Salatiga
Harapan 1: M. Achmad Zaenal dari IAIN Kudus
Harapan 2: Fikri Miftahul Nugraha dari IAIN Cirebon
Harapan 3: Ilyas Adhi Purba dari IAIN Kediri

About author

No comments

Mahasiswa Berprestasi Yudisium Angkatan X

Selamat Kepada Para Mahasiswa Berprestasi pada Yudisium Angkatan X Lulusan Terbaik I  Della Rohmatul Fauziah, SE (3.66) Lulusan Terbaik II Ekalaka Febian Cahyaningtyas, SE (3.65) ...